Efektivitas Konseling Kelompok Berbasis Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam Mengatasi Kecemasan pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.61132/jupenkifb.v1i3.254Keywords:
adolescent anxiety, cognitive behavioral therapy, group counselingAbstract
The issue of adolescent anxiety has become a serious concern as it can hinder their psychological, social, and academic development. One approach that can be used in group counseling is Cognitive Behavioral Therapy (CBT). This study aims to examine the effectiveness of applying Cognitive Behavioral Therapy (CBT) in group counseling to address adolescent anxiety. The research uses a literature review method, focusing on the results of Cognitive Behavioral Therapy (CBT) interventions in a group setting. The findings indicate that Cognitive Behavioral Therapy (CBT) is effective in reducing social anxiety, academic stress, and deviant behaviors. Techniques such as thought stopping, self-talk, and cognitive restructuring have proven to help change negative thought patterns into more adaptive or positive ones. In conclusion, group counseling based on Cognitive Behavioral Therapy (CBT) is an effective approach in helping adolescents manage anxiety in a healthy and productive way.
References
Anugraha, D. Y. (2024). Terhadap kecemasan sosial siswa SMP. Jurnal, 11, 42–51.
Diana, M. A. P. (2023). Jurnal psikologi, filsafat dan saintek. Afeksi: Jurnal Psikologi, 8762(November 2024), 20–25.
Dianti, T. M., Karneli, Y., & Mudjiran. (2024). Analisis teknik-teknik cognitive behavior therapy dalam konseling. KOPENDIK: Jurnal Ilmiah Konseling Pendidikan, 3(1), 29–39.
Fatchul Hardiyanto, A., & Lathifah, M. (2020). Konseling kelompok restructuring cognitive efektif untuk mereduksi kecemasan sosial siswa kelas X SMA. Terapeutik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 161–168. https://doi.org/10.26539/teraputik.42436
Hardi, E., Ermayulis, D., & Masril, M. (2019). Pengaruh konseling kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy untuk meningkatkan kontrol diri siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(2), 141–149. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i2.921
Kelompok, K., Behavior, C., Dengan, T., Cognitive, T., Mengatasi, D., & Remaja, K. (2022). Therapy dengan teknik cognitive restructuring. Jurnal, 8(2).
Lianasari, D., & Purwati, P. (2021). Konseling kelompok cognitive behaviour teknik thought stopping untuk mengurangi anxiety academic terhadap skripsi. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(2), 117. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9041
Lita Fitara Cania, Netrawati, & Yeni. (2022). Pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT) dalam konseling kelompok untuk mengatasi kecemasan akademik dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(4), 438–441. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.91
Mahfud, A., Jafar, M., & Sunawan. (2017). Dampak konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik stress inoculation training terhadap toleransi distres akademik melalui hardiness. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 94–100.
Nitami, S. D., & Daulay, N. (2024). Penerapan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 9(1), 14–23.
Nugraha, A., Imaddudin, A., & Mudzakkir, C. R. (2023). Konseling kelompok dengan pendekatan CBT untuk mereduksi kecemasan sosial remaja. Jurnal, 7(1), 2580–7153.
Nuraeni, A., Sudrajat, & Subhan. (2022). Penerapan cognitive behavior therapy (CBT) untuk menurunkan kecemasan. Jurnal, 4(1), 64–73.
Nurhidayah, B. S., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2022). Keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral therapy (CBT) dengan teknik modeling simbolis dan role playing untuk meningkatkan self-confidence pada siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 64–69. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.156
Ramadhina, D. F. (2023). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik self-talk untuk mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMKN 2 Mataram. Jurnal.
Rahmadiani, N. D. (2020). Cognitive behavior therapy dalam menangani kecemasan sosial pada remaja. Procedia: Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.22219/procedia.v4i1.11961
Rajagukguk, F. H., & Weisdiyanti, N. (2023). Prosiding seminar nasional keguruan dan pendidikan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Prosiding, 17, 108–113.
Savitri, L. L., Ramli, M., & Multisari, W. (2023). Keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral dengan teknik self-talk untuk mengurangi kecemasan mahasiswa semester akhir dalam penyelesaian skripsi. Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p37-44
Shany Rusfa, U., Mulawarman, M., Sugiyo, S., Kesehatan, J. R., Kalirejo, K., & Lampung Tengah, K. (2022). The effectiveness of cognitive behavior therapy group counseling with a self-talk technique to improve the body image satisfaction of students with social media addiction tendencies. Jurnal Bimbingan Konseling, 11(4), 257–264.
Zulfikar Fadhlullah, Netrawati, & Yeni Karneli. (2022). Konseling kelompok cognitive behavioral therapy untuk remaja kecanduan K-pop. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(4), 424–430. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.84
Zulaifi, R. (2023). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik thought stopping untuk mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMKN 2 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 2046. https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7617
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.