Analisis Kebutuhan Modul Ajar Teks Tanggapan bermuatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i2.243Keywords:
Higher Level Thinking, Response Text, WebsiteAbstract
This study aims to analyze the need for a website-based high-level thinking ability response text teaching module. This study is a type of qualitative research that focuses on the analysis of the need for a website-based high-level thinking ability response text teaching module at the junior high school level. The study was conducted at SMP Negeri 1 Kanor and MTs Muhammadiyah 1 Banjaranyar in January 2025 with 48 seventh grade students as research subjects. The results of the study indicate that the need for a website-based high-level thinking ability response text teaching module is very much needed by respondents or students. The findings of the integration are considered capable of providing an innovative and substantive learning experience.
References
Akhiruddin, A., Sriwahyuni, S., & Alam, S. (2023). Pendampingan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka dan pelatihan aplikasi bandicam sebagai pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital bagi guru di smp. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10315-10328. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/20413.
Alivia, F. A. A., Mustari, M. M., & Edy, E. K. (2024). Pengaruh model proble based learning berbasis hots terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN 07 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4131-4140. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12563.
Andanaprawira, Y., Sugiarti, E., Yulianti, R., Astuti, D., & Nilasari, K. E. (2020). Teks tanggapan. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y. & Mahardika R. L. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Arief, S. F., & Sugiarti, Y. (2022). Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 8(2), 87-93. https://doi.org/10.35329/jiik.v8i2.229.
Arifin, O., Murnawan, M., Pandia, M., Sihombing, D. O., Fahrurrozi, M., Sepriano, S., & Lutfi, M. (2023). Buku ajar pemrograman web. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun karakter siswa melalui pembelajaran matematika yang berintegrasi keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1-8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th ed.). Wiley.
Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan literatur pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) fisika di sma. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 79-89. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4436.
Dinamaryati, D. (2021). Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis genre dengan media Pembelajaran kartu topik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menyusun teks tanggapan di SMPN 4 Bolo kelas IX-3 semester I tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 328-339. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.57.
Dini, N. L. M., & Ekohariadi, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Percabangan dan Perulangan di SMK Negeri 2 Mojokerto. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 8-16. https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i1.58274.
Erfisal, W., & Fimawahib, L. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis web sekolah menengah pertama (smp) kepenuhan hulu mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 9(1), 58-65. https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i1.1762.
Facione, P. A. (2020). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment.
Fauzan, M. (2021). Pengembangan modul inovatif dalam pembelajaran bahasa arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, (7), 643-654. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1052.
Gunartha, I. W., Widiasri, D. A., & Ekasriadi, I. A. A. (2024). Asesmen dan pembembelajaran bahasa Indonesia berbasis hots: Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di era digital abad ke-21. In Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). 109-125. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/3711.
Hafidz, M., Rasyid, R., & Saputra, I. G. P. E. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk bahasa inggris di sekolah dasar. GJET: Global Journal of Educational Technology, 1(1), 42-50. https://journal.patin.or.id/index.php/gjet/article/view/38.
Harjanti, T. W., Supriati, R., & Setiyani, H. (2020). Evolusi Penggunaan Teknologi Web 3.0: Semantic Web. Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology, 2(02), 54-60. https://doi.org/10.37823/insight.v2i02.107.
Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131-1150. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276.
Indriyani, O., Sutri, S., & Rosalina, S. (2024). Pengaruh media film animasi riri story books terhadap kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII di SMPN 2 Karawang Barat. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 193-209. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.591.
Irawan, F., Harahap, D. G. S., Rafi'y, M., & de Lima, C. N. (2024). Pengembangan instrumen tes berfikir literasi sains berdasarkan pisa dalam melatih keterampilan berfikir tingkat tinggi mahasiswa. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 150-157. https://journal.moripublishing.com/index.php/biochephy/article/view/1066
Lutfiana, N., Lasimaniati, L., & Widiyatmoko, A. (2024, May). Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep IPA melalui Game Edukasi Berbasis Website di SMP Negeri 30 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1154-1166). https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3249.
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis kebutuhan e-modul fisika sebagai bahan ajar berbasis PBL di MA muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70-80. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240
Marto, H. (2021). Modul elektronik. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 47-58. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/view/883.
Mukhlis, I. R., Irmawati, I., Sabur, F., Farkhan, M., Gunawan, P. W., Adhicandra, I., & Eldo, H. (2023). Buku ajar pemrograman web 1. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Nababan, P., Sulistiyo, U., & Priyanto, P. (2024). Media animasi sebagai sarana pembelajaran teks tanggapan untuk siswa kelas IX. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 105-111. https://journal.unindra.ac.id/index.php/hortatori/article/view/2749.
Nyamik, N. R. S., & Wahyuningtyas, D. T. (2022). Inovasi e-modul berbasis literasi sains dan numerasi. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 109-119. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.19020.
Paida, A. (2023). Peningkatan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII berbasis kurikulum merdeka. Journal Of Education Research, 4(3), 1320-1325. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.375.
Prastowo, A. (2019). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.
Putri, T. N., Anwar, R. N., & Afifah, D. R. (2024). Manfaat modul ajar terhadap hasil belajar peserta didik. In seminar nasional sosial, sains, pendidikan, humaniora (senassdra), 3(3), 18-21. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5793.
Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537.
Rahmi, E., Yumami, E., & Hidayasari, N. (2023). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 821-834. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12177.
Rahmi, L., Fajrina, S., & Rahmi, Y. L. (2024). Literature review: analisis penyusunan modul ajar pada kurikulum merdeka. Journal in Teaching and Education Area, 1(1), 12-19. https://doi.org/10.69673/bqbajh49.
Saad, M. I. (2023). Otodidak Web Programming: Membuat Web Application dari Nol sampai Jadi. Elex Media Komputindo.
Sakur, S., Hutapea, N. M., Armis, A., & Heleni, S. (2023). Workshop penyusunan perangkat pembelajaran bagi guru matematika smp/mts kabupaten inhu dalam menyongsong kurikulum merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 3(1), 30-43. https://doi.org/10.31004/abdira.v3i1.304.
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384.
Simbolon, R. A., Sijabat, A., & Lumbangaol, S. T. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis hots terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 781-793. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7949.
Sipahutar, A. P. A., Khairuna, K., & Rambe, R. N. (2024). Pengaruh pembelajaran diskusi kelas berbasis hots terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Kelas XI materi sistem ekskresi. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 280-286. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.584.
Siung, M., Nasar, A., & Ngapa, Y. S. D. (2023). Pengembangan modul ajar dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi analisis gerak dengan vektor. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 226-238. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.2023.
Subarna, R., Dewayani, S., & Setyowati, C. E. (2021). Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Suneary, H. S., Nirmala, A. A., & Lubis, H. (2024). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model circ berbantuan media puzzle pada materi teks tanggapan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG), 2(1), 260-266. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/925.
Syahri, A. A., & Ahyana, N. (2021). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori anderson dan krathwohl. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 41-52. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.16.
Tarigan, G. F., Santanovalina, J., Nasution, J., Prasasti, T. I., & Hannum, I. (2024). Analisis kesesuaian materi buku teks bahasa indonesia kelas VII UPT SMP Negeri 35 Medan terhadap capaian pembelajaran kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(6), 273-277. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jimt/article/view/2848.
Tomlinson, B. (2017). Developing materials for language teaching (2nd ed.). Bloomsbury Academic.
Triono, A., Hamdani, H., & Fitriawan, D. (2024). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis website pada peserta didik sekolah menengah atas. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(1), 22-36. https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2924.
Wahyudin, A. Y., & Ramadhan, R. (2023). Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis mobile bagi guru Sman 5 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 201-207. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/3104.
Wibowo, M. H., & Ulum, F. (2023). Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Website pada PRIMKOPPABRI Bandar Lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 4(1), 22-27. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/2434.
Widodo, W., Suciati, S., & Hidayat, R. (2024). Implementasi model pembelajaran radec (read answer discuss explain create) serta dampaknya pada kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan komunikasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 270-285. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/3706.
Yulianti, R. (2022). Penggunaan media pembelajaran balon kalimat pada materi membaca teks tanggapan kelas IX masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Sukaresik. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 50-64. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6469.
Yunita, V., Sujinah, S., & Yarno, Y. (2024). Pengembangan modul ajar berdiferensiasi berbasis addie pada mata pelajaran bahasa indonesia di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Madrasah, 9(1), 115-122. https://doi.org/10.14421/jpm.2024.115-122.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dirgantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.