Analisis Kebutuhan Flipbook Teks Tanggapan bermuatan Prinsip Kesantunan

Authors

  • Dwi Setiawan IKIP PGRI Bojonegoro
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Sutrimah Sutrimah IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i2.244

Keywords:

Flipbook, Politeness Principles, Response Text

Abstract

This study aims to analyze the need for a flipbook as a teaching material for response texts integrated with the principles of politeness. The background of this research stems from the limitations of response text teaching materials, which are still integrated into printed textbooks without incorporating essential politeness principles. This research employed a qualitative method with data collected through questionnaires and interviews involving seventh-grade students at two junior high schools in Dander District, Bojonegoro Regency. The findings indicate that most students prefer response text material to be presented separately and packaged in the form of an engaging and easily accessible digital flipbook. Furthermore, students consider the integration of politeness principles into response text material important to help them express opinions politely and without offending others. Therefore, it can be concluded that a flipbook teaching material integrated with politeness principles is necessary to enhance the quality of learning.

References

Afifa, R., & Triana, L. (2023). Penerapan profil pelajar Pancasila dalam perspektif keterampilan berbicara pada teks tanggapan. Prosiding Seminar Nasional Literasi dan Pedagogi (SRADA), 1(1), 1-6. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/srada/article/view/465.

Afkarina, T. W. (2022). Penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam siniar Deddy Corbuzier. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 17(9), 1-14. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/16551.

Andanaprawira, Y., Sugiarti, E., Yulianti, R., Astuti, D., & Nilasari, K. E. (2020). Modul pembelajaran bahasa Indonesia madrasah tsanawiyah. Jakarta: Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

Andriyana, N. (2024). Analisis penggunaan maksim kesantunan berbahasa pada proses pembelajaran siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tarakan (Kajian Pragmatik). (Skripsi Sarjana, Universitas Borneo Tarakan). https://repository.ubt.ac.id/repository/UBT19-12-2023-093857.pdf.

Ardiyanti, S., & Eriyani, R. N. (2024). Pengembangan materi ajar teks pidato berbasis kesantunan berbahasa di SMPN 44 Jakarta. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1222-1229. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3473.

Diana, R. E., & Manaf, N. A. (2022). Prinsip kesantunan berbahasa dalam tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia pada proses pembelajaran di SMP. Jurnal Basicedu, 6(3), 4940-4952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2759.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis e-modul flipbook berbasis problem based learning untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPA sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190.

Fatayat, U., Trisnawati, T., & Meliyawati, M. (2023). Analisis prinsip kesantunan berbahasa guru dan siswa pada proses belajar mengajar dan implementasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 260–268. https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i1.122.

Fitrah, R., Siahaan, R. Y. K. P., El Farouq, M. A. Y., & Prayogi, A. (2024). Pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Lhokseumawe. Literatur: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 107-134. https://doi.org/10.47766/literatur.v6i1.2562.

Herawati, D. N. (2023). Implementasi prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi pembelajaran bahasa Indonesia materi menganalisis dan memaknai puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. (Skripsi Sarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya). https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5733/2/2.%20ABSTRAK.pdf.

Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. (2022). Pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Sukabumi: CV Jejak.

Lestari, F. I., Suryadi, & Supadi. (2024). Analisis kesantunan dan ketidaksantunan berbahasa siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 513–521. https://doi.org/10.33369/jik.v7i3.26266.

Mardilah, M. (2022). Belajar bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX semester 1. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Ni’am, S., & Utomo, A. (2020). Analisis pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa pada kegiatan praktik debat siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 116-122. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i2.42073.

Nur, A. P., Arifin, Z., & Purwaningsih, A. (2024). Sikap bertanggung jawab terhadap penulisan teks tanggapan pada siswa sekolah menengah pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 1888-1898. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6547.

Nursafitry, T., Hermawan, S., & Taqwiem, A. (2021). Pembelajaran menyimpulkan teks tanggapan secara luring dan daring kelas IX SMP Negeri 9 Banjarmasin. Locana: Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa, 4(2), 132-143. https://jtam.ulm.ac.id/index.php/locana/article/view/1140.

Nursita, S., Amala, R. N., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis prinsip kesantunan dalam dialog Narasi Mata Najwa episode Coba-coba Tatap Muka. Jurnal Ilmiah Semantika, 3(2), 111–120. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i02.580.

Pakri, J., Azis, A., & Garim, I. (2023). Realisasi prinsip kesantunan berbahasa siswa Madrasah Aliyah Arifah Gowa kelas X pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 751-759. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2509.

Prayogi, R., Prasetya R. A., & Riadi, B. (2021). Pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam komunikasi generasi milenial. Jurnal Kata, 9(1), 30-39. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/index.

Putri, A. B., Hadi, P. K., & Purwanti, S. (2023). Peningkatan keterampilan menulis tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi melalui teknik guiding questions pada siswa kelas VII A SMPN 1 Babadan. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(1), 132-140. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.1.132-140.

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/6213.

Riyanti, L. D., Malawi, I., & Samsiyah, N. (2024). Efektivitas Project Based Flipped Classroom (PjBFC) dengan media flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SDN Sukorejo 01. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5(1), 494-501. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/5511.

Setianik, S., Darihastining, S., & Dia, E. E. (2024). Kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI IIS berbasis pragmatik. Journal of Education Research, 5(2), 2421–2430. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1291.

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.

Zulkarnain, M. F., Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Prinsip kesantunan berbahasa dalam komunikasi siswa di sekolah. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, 1(3), 117-125. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i3.457.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Dwi Setiawan, Cahyo Hasanudin, & Sutrimah Sutrimah. (2025). Analisis Kebutuhan Flipbook Teks Tanggapan bermuatan Prinsip Kesantunan. Jurnal Pendidikan Dirgantara, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i2.244