Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Bahasa bagi Anak Usia Dini melalui Media Alam
DOI:
https://doi.org/10.61132/paud.v2i3.532Keywords:
Development, Early Childhood, Environment, Language, NatureAbstract
Early childhood children have a very high curiosity about the world around them. The most effective learning process for them is through direct experience and interaction with the environment. Unfortunately, language learning activities in kindergartens (TK) are often limited to indoor activities, such as reading books or playing word cards. In fact, nature and the environment around the school offer unlimited resources to stimulate children's language development holistically. This research provides an innovative approach to language learning, namely by utilizing natural media in the school environment5. The main goal is to test the effectiveness of nature exploration activities in enriching vocabulary, improving descriptive skills, and encouraging verbal expression in early childhood.
References
‘Ulum, I. (2014). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).
Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya pendidikan lingkungan hidup bagi anak usia dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(1), 90–108.
Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Choiri, M. M. (2017). Upaya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar anak. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1).
Daryanto. (2016). Belajar dan mengajar. Bandung: Yama Widya.
Dewi, K. M. (2021). Peningkatan kualitas pembelajaran anak usia dini melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran sederhana sebagai sumber belajar: Use of simple learning media as a source of learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63.
Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber ilmu pengetahuan sosial. Elementaris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1).
Hosana, M., Nehra, N. J., Hasanah, U., Annur, S., & Sya’, M. F. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berbasis etnosains untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menanamkan nilai kearifan lokal pada siswa SDN Sungai Miai 4. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 155–160.
Lailan, A. (2023). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada anak. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6).
Ningsih, M. P., Maulani, C. Y., Setyadi, T., & Arum, D. P. (2022). Potensi lingkungan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran di sekolah adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2825–2833.
Paujiah, S. T., Muslihin, Y. H., & Rahman, T. (2022). Peran lingkungan dalam menstimulasi perkembangan bahasa serta menumbuhkan karakter anak usia dini. Jurnal Pelangi, 2(1).
Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., Rusmaniah, R., & Norhayati, N. (2022). Identifikasi nilai budaya masyarakat Sungai Jelai Basirih Selatan sebagai sumber belajar IPS. Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 2(2).
Rifiyanti, H., Dewi, D. U., Hidayat, S., & Kristantini, R. A. (2022). Memotivasi pembelajaran tentang lingkungan alam sekitar bagi anak usia dini di wilayah Cibungbulang, Bogor. Jurnal Abdimas Prakarsa Dakara, 2(2).
Sitanggang, C. A., Banurea, K., Hutabarat, S. O., & Ansari, K. (2021, July). Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar bahasa dan sastra Indonesia di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar (pp. 381–386). FBS Unimed Press.
Solihin, A., Choirunnisa, N. L., & Mintohari, M. (2024). Eksplorasi etnosains Monumen Kapal Selam Surabaya sebagai sumber belajar IPAS sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(2), 137–148.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.