Focus and Scope

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewarganegaraan adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada publikasi artikel penelitian, kajian teoretis, dan studi empiris yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan untuk anak usia dini serta pembentukan karakter kewarganegaraan yang baik bagi generasi muda. Jurnal ini menyediakan platform bagi akademisi, pendidik, dan praktisi untuk berbagi pemikiran dan temuan yang berkaitan dengan pendidikan pada anak usia dini dan pembelajaran kewarganegaraan yang berbasis nilai-nilai demokrasi, etika, dan sosial.


Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Bagian ini membahas berbagai aspek dalam pendidikan anak usia dini, termasuk:

  • Teori dan filosofi pendidikan anak usia dini

  • Pengembangan kurikulum PAUD yang sesuai dengan kebutuhan anak

  • Metode pembelajaran aktif dan inovatif di PAUD

  • Pembelajaran berbasis permainan dan kreativitas untuk anak usia dini

  • Pendidikan sosial dan emosional untuk anak usia dini

  • Peran orang tua dan keluarga dalam mendukung pendidikan anak usia dini


Ruang Lingkup Pendidikan Kewarganegaraan

Bagian ini mengkaji pendidikan kewarganegaraan yang menanamkan nilai-nilai sosial, demokrasi, dan etika kepada anak-anak dan remaja, termasuk:

  • Konsep kewarganegaraan dan hak serta kewajiban warga negara

  • Pendidikan demokrasi dan partisipasi sosial bagi anak-anak dan remaja

  • Pembentukan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan

  • Nilai-nilai Pancasila dan implementasinya dalam pendidikan kewarganegaraan

  • Pendidikan hak asasi manusia (HAM) dalam konteks kewarganegaraan

  • Peran sekolah dalam menanamkan rasa tanggung jawab sosial dan budaya


Ruang Lingkup Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini

Bagian ini berfokus pada pembentukan karakter melalui pendidikan bagi anak usia dini, meliputi:

  • Pengembangan nilai moral dan etika sejak dini

  • Pembelajaran berbasis karakter dan pembentukan budi pekerti

  • Pembentukan rasa hormat, tanggung jawab, dan kepedulian sosial pada anak-anak

  • Pendidikan inklusif dalam pembentukan karakter anak usia dini

  • Peran pendidik dan orang tua dalam membimbing karakter anak

  • Pendidikan tentang toleransi, keberagaman, dan perdamaian sejak usia dini


Ruang Lingkup Integrasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Kewarganegaraan

Bagian ini mengkaji hubungan antara pendidikan anak usia dini dan pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk dasar karakter anak-anak untuk menjadi warga negara yang baik, termasuk:

  • Pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai kewarganegaraan dalam PAUD

  • Pembelajaran yang mendorong anak-anak untuk memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara

  • Pendidikan civics untuk anak usia dini dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  • Pembelajaran kewarganegaraan yang melibatkan orang tua dan masyarakat

  • Inovasi dalam pendidikan kewarganegaraan untuk anak-anak di tingkat dasar

  • Pembelajaran tentang nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air dalam pendidikan anak usia dini