.: e-ISSN :3063-5497:. |
![]() |
.: p-ISSN :3063-6116:. |
![]() |
.: Policies & Procedures :. |
Editorial Team |
Reviewer Team |
Focus and Scope |
Peer Review Process |
Publication Ethics |
Author Guidelines |
Open Access Policy |
Archive Policy |
Open Access Statement |
Policy of Screening for Plagiarism |
Journal License |
Author Fees / APC |
Indexing |
.: Information :. |
For Readers |
For Authors |
For Librarians |
.: Tools :. |
![]() |
.: Template :. |
![]() |
.: Contact Wa:. |
![]() |
.: Visitors:. |
About the Journal
Jurnal Pendidikan dan Kewarganegara Indonesia, adalah jurnal yang diterbitkan oleh Asosiasi Riset Ilmu Pendidikan Indonesia, Jurnal ini mendalami pendidikan kewarganegaraan di Indonesia dengan fokus pada pengembangan kurikulum, strategi pengajaran, dan implementasi kebijakan. Setiap edisi membahas aspek-aspek penting seperti penelitian empiris tentang efektivitas program kewarganegaraan, analisis kebijakan, dan studi kasus praktik terbaik. Artikel-artikelnya menggunakan berbagai metodologi penelitian, termasuk pendekatan kualitatif dan kuantitatif, untuk memperdalam pemahaman tentang bagaimana pendidikan kewarganegaraan dapat mempengaruhi sikap dan partisipasi warga negara dalam kehidupan demokratis. Jurnal ini relevan bagi akademisi, peneliti, praktisi pendidikan, dan pembuat kebijakan yang tertarik dalam meningkatkan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Jurnal ini terbit 1 tahun 4 kali (Maret, Juni, September dan Desember).
Jurnal Pendidikan dan Kewarganegara Indonesia published by Asosiasi Riset Ilmu Pendidikan Indonesia, in collaboration with universities and supported by the Asosiasi Pengelola Jurnal Indonesia.
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Current Issue

Jurnal Pendidikan dan Kewarganegara Indonesia, adalah jurnal yang diterbitkan oleh Asosiasi Riset Ilmu Pendidikan Indonesia, Jurnal ini mendalami pendidikan kewarganegaraan di Indonesia dengan fokus pada pengembangan kurikulum, strategi pengajaran, dan implementasi kebijakan. Setiap edisi membahas aspek-aspek penting seperti penelitian empiris tentang efektivitas program kewarganegaraan, analisis kebijakan, dan studi kasus praktik terbaik. Artikel-artikelnya menggunakan berbagai metodologi penelitian, termasuk pendekatan kualitatif dan kuantitatif, untuk memperdalam pemahaman tentang bagaimana pendidikan kewarganegaraan dapat mempengaruhi sikap dan partisipasi warga negara dalam kehidupan demokratis. Jurnal ini relevan bagi akademisi, peneliti, praktisi pendidikan, dan pembuat kebijakan yang tertarik dalam meningkatkan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Jurnal ini terbit 1 tahun 4 kali (Maret, Juni, September dan Desember).
Articles
-
Peran Guru PPKn Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Cooperative Learning di Kelas VIII D SMPN 17 Kota Malang
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.236
- pdf Views: 52 times | Download : 39 times
-
Dampak Modernisasi Terhadap Dinamika Kebudayaan Masyarakat di Indonesia
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.239
- PDF Views: 83 times | Download : 21 times
-
Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Sarana Penguatan Wawasan Kebangsaan dalam Membangun Masyarakat yang Toleran
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.242
- PDF Views: 59 times | Download : 48 times
-
Analisis Representasi Nilai Nilai Pancasila dalam Karya Seni Rupa: Lukisan Laskar Rakyat Mengatur Siasat Karya Affandi
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.248
- PDF Views: 21 times | Download : 11 times
-
Aktualisasi Isi dan Ajaran Sila-Sila dalam Pancasila untuk Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.246
- PDF Views: 32 times | Download : 30 times
-
Revitalisasi Pendidikan Guru Untuk Menjawab Tantangan Abad 21
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.291
- PDF Views: 45 times | Download : 9 times
-
Keadilan Sosial dan Hak Kewarganegaraan: Kebijakan Publik dalam Bidang Pendidikan
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.313
- pdf Views: 27 times | Download : 11 times
-
Pentingnya Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.314
- pdf Views: 43 times | Download : 10 times
-
Pembelajaran PKN pada Pendekatan Saintifik
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.317
- pdf Views: 10 times | Download : 6 times
-
Analisis Gaya Kepemimpinan Situasional di Satu Sekolah Dasar Kecamatan Pagar Merbau
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.318
- pdf Views: 13 times | Download : 6 times
-
Kewarganegaraan Multikultural dalam Negara Hukum : Antara Hak Asasi dan Kepentingan Nasional
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.325
- PDF Views: 5 times | Download : 2 times
-
Pembelajaran PPKn sebagai Sarana Menanamkan Semangat Persatuan dan Kesatuan pada Siswa SD
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.328
- PDF Views: 4 times | Download : 2 times
-
Pengaruh Pembelajaran Pancasila terhadap Pembentukan Etika dan Moral di Kalangan Sekolah Dasar
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.335
- pdf Views: 0 times | Download : 0 times
-
Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar
DOI : https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i2.336
- pdf Views: 0 times | Download : 0 times