Persepsi Guru TK dan SD Terhadap Pelaksanaan Transisi PAUD ke SD yang Menyenagkan di Kota Gorontalo

Authors

  • Mutmainna Ts Bullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Wenny Hulukati Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhamad Zubaidi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.61132/inpaud.v1i4.39

Keywords:

Perception, Teachers, Joyful Transition from Early Childhood Education to Elementary School

Abstract

This study aims to understand teachers' perceptions of the implementation of a joyful transition from Early Childhood Education to elementary school, as well as to identify the obstacles in carrying out this transition. The research method employed descriptive quantitative. Data collection was conducted through questionnaires distributed to 20 respondents and interviews with 5 participants. The results showed the perception of kindergarten teachers in schools such as TK Pembina Kec. Kota Utara Kindergarten, TK Alkhairat Kindergarten, TK Al-Huda Kindergarten, TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Kindergarten, and TK Aster Kindergarten were categorized as "good" with 78%. Meanwhile, the perception of elementary school teachers in schools such as SD 59 Kota Timur Elementary School, SDN 94 Kota Utara Elementary School, SDN 97 Kota Utara Elementary School, SDN 75 Kota Tengah Elementary School, and SDN 88 Sipatana Elementary School was in the "very good" category with 83%. The results indicated that the participants provided positive responses regarding their perceptions of implementing the joyful transition from PAUD to elementary school.

References

ANTARA. (2022). “Riset : 45 persen siswa kelas 3 SD belum kuasai kemampuan literasi”. Diakses dari https://www.antaranews.com/berita/3288223/riset-45-persen-siswa-kelas-3-sd-belum-kuasai-kemampuan-literasi (Diakses pada tanggal 27 Maret 2024)

Antika, I. Persepsi Guru Kelas Terhadap Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 Di MI Pembangunan UIN Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ari Suryani, N. N. (2021). Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Daring Pada Masa (Pandemi Covid-19) di SMP Negeri 1 Sawan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Modul 1 Mengapa penguatan Transisi PAUD-SD penting. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Modul 2 Bagaimana membangun lingkungan belajar yang mendukung transisi PAUD-SD. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Modul 3 Bagaimana membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap sejak PAUD hingga SD. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Modul 4 Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Modul 5. Bagaimana merencanakan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Modul 6. Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Ellen P. Cook, Understanding People in Context the Ecological Perspective in Counseling, (Alexandria: American Counseling Asociation, 2012), hlm. 162.

Euis Kurniati, dkk, “Pemulihan Pasca Bencana Pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Teori Ekologi”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6, Issue 2, 2022, hlm. 584.

Ina Salmah Febriani, “Upaya Pelestarian Lingkungan Melalui Penguatan Ekologi Keluarga Berbasis Al-Qur’an”, JSGA: Journal Studi Gender dan Anak, Volume 9, Nomor 1, 2022, hlm. 62.

Jalaluddin Rakhmat, Metode Penelitian Komunikasi : Dilengkapi dengan Contoh Analisis Statistik, (Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, 2004).

Kaplan, G., Mart, S., & Diken, İ. H. (2022). Transition to school process of children with disadvantages: A literature review. Journal of Childhood, Education & Society, 3(1), 28-47.

KEMENDIKBUD RI. (2023). Merdeka Belajar episode 24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Diakses dari https://www.youtube.com/live/ROrfRmNNWYY?si=6qwcfvMUlFbkdFTQ

Lestariningrum, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran Aud . Adjie Media Nusantara.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survei Edisi Revisi. (Jakarta : LP3S, 1989).

Maulani, S., & Mutiara, S. (2023). Transisi PAUD SD: Implementasi Program pengenalan Sekolah Dasar di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 265-275.

Musfita, R. (2019). Transisi Paud Ke Jenjang Sd: Ditinjau Dari Muatan Kurikulum Dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 412-420).

Shazlin Sulaiman dan Mohd Hanafi MD Yasin,”Hubungan Teori Bronfenbrenner dalam Pembentukan Disiplin Murid Berkeperluan Khas Pendengaran di Asrama SK. Pendidikan Khas”, International Journal Of Advanced Reaserch in Islamic Studies and Education (ARISE), Volume 2, Issue 3, 2022, hlm. 115.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779-5794.

Thoha, M. 2003. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wijaya, I. P. (2023). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan: Ditinjau Dari Aspek Psikologis Anak. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 1982-1988).

Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423-432.

Adlirani, A. (2023). Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Dasar Negeri Dalam Masa Pandemi Di Kota Bandar Lampung. http://digilib.unila.ac.id/73391/%0Ahttp://digilib.unila.ac.id/73391/3/SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Hanifah, S., & Euis Kurniati. (2024). Eksplorasi Peran Lingkungan dalam Masa Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 130–142. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11576

Hidayat, R. M. (2019). PENGARUH KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TERHADAP ADAPTASI SISWA BARU SMK NEGERI 1 SUMEDANG DI JURUSAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) TAHUN AJARAN 2018/2019. 1–8.

Hirst, M., Jervis, N., Visagie, K., Sojo, V., & Cavanagh, S. (2011). Transition to primary school: a review of the literature. In Canberra: Commonwealth of Australia (Issue September). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3122.3448

Islamiati, H. D. (2023). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART DI PAUD ISLAM MAKARIMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Kemendikbud, D. (2023). Penyelenggaraan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan PEDOMAN UMUM.

Komarudin, S. (2015). Syahrizal Komarudin, 2015 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. niversitas Pendidikan Indonesia %7C repository.upi.edu %7C perpustakaan.upi.edu

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pai. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6987

Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781–788. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2633

Lundeto, A. M. (2022). PERSIAPAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN CALISTUNG ANAK USIA PRA-SEKOLAH DI KELURAHAN MERJOSARI. Skripsi, 1–103.

Naecy. (2009). The Revisions process. July. www.naeyc.org/

Nasista, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Ra Al-Ulya 3 Bandar Lampung. Skripsi, 29.

Ningrum, tika widya. (2019). Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A TK Gaya Baru 3 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, 1(2), شماره 8; ص 99-117. http://www.eldis.org/vfile/upload/1/document/0708/DOC23587.pdf%0Ahttp://socserv2.socsci.mcmaster.ca/~econ/ugcm/3ll3/michels/polipart.pdf%0Ahttps://www.theatlantic.com/magazine/archive/1994/02/the-coming-anarchy/304670/%0Ahttps://scholar.google.it/scholar?

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Soraya, E. L. (2023). Kemampuan Calistung Berdasarkan Karakter Kepribadian Peserta Didik Kelas 1 Di Mi Ma’arif Polorejo Kabupaten Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24999

Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320

Widiningsih, & Abdi, J. (2021). Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna pada kondisi khusus. In Direktorat SMA. https://repositori.kemdikbud.go.id/25128/1/2203011830-2-PDF_90937.pdf

Published

2024-10-19

How to Cite

Mutmainna Ts Bullah, Wenny Hulukati, & Muhamad Zubaidi. (2024). Persepsi Guru TK dan SD Terhadap Pelaksanaan Transisi PAUD ke SD yang Menyenagkan di Kota Gorontalo. Inovasi Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(4), 01–22. https://doi.org/10.61132/inpaud.v1i4.39

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.