Focus and Scope

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Anak Usia Dini mempublikasikan hasil penelitian, kajian teoretis, studi empiris, serta pengembangan model pembelajaran yang berfokus pada pendidikan anak usia dini. Jurnal ini menjadi wadah ilmiah bagi pendidik, peneliti, praktisi, dan pemerhati dalam mengembangkan inovasi, pendekatan pedagogis, serta solusi kreatif untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal di lingkungan pendidikan formal, nonformal, dan informal.


1. Perkembangan Anak Usia Dini

Membahas aspek perkembangan anak dari berbagai dimensi, meliputi:

  • Perkembangan kognitif, bahasa, dan literasi awal

  • Perkembangan sosial-emosional dan kemandirian

  • Perkembangan motorik halus dan motorik kasar

  • Perkembangan moral dan karakter anak

  • Identifikasi dini tumbuh kembang dan kebutuhan khusus


2. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD

Fokus pada pengembangan dan implementasi kurikulum serta strategi pembelajaran:

  • Kurikulum PAUD berbasis holistik-integratif

  • Model dan pendekatan pembelajaran kreatif

  • Pembelajaran berbasis bermain (learning through play)

  • Inovasi media pembelajaran untuk anak usia dini

  • Evaluasi pembelajaran dan asesmen perkembangan anak


3. Inovasi dan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Menelaah penerapan teknologi dan inovasi pendidikan:

  • Teknologi digital dan multimedia dalam pembelajaran PAUD

  • Permainan edukatif berbasis teknologi

  • Pengembangan bahan ajar interaktif

  • Inovasi alat permainan edukatif (APE)

  • Integrasi STEM/STEAM pada anak usia dini


4. Lingkungan Belajar dan Pengasuhan Anak Usia Dini

Mengkaji lingkungan pendidikan dan pola pengasuhan yang mendukung perkembangan anak:

  • Lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan stimulatif

  • Peran keluarga dalam pendidikan anak usia dini

  • Kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas

  • Pengasuhan positif dan praktik parenting efektif

  • Penguatan budaya sekolah ramah anak


5. Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Fokus pada pengelolaan dan pengembangan lembaga PAUD:

  • Manajemen sekolah dan tata kelola lembaga PAUD

  • Pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan

  • Kepemimpinan pendidikan berbasis layanan anak

  • Standar mutu pelayanan PAUD

  • Administrasi, supervisi, dan evaluasi lembaga PAUD


6. Kesehatan, Gizi, dan Perlindungan Anak

Membahas aspek kesehatan dan perlindungan anak usia dini:

  • Kesehatan fisik, gizi seimbang, dan pertumbuhan anak

  • Deteksi dini dan intervensi masalah kesehatan

  • Kebersihan, sanitasi, dan keselamatan lingkungan PAUD

  • Perlindungan anak dari kekerasan dan diskriminasi

  • Program dan layanan kesejahteraan anak