Pengaruh Media Tutup Botol Pintar terhadap Kemampuan Mengenalkan Huruf Hijaiyah di Kelompok B, TK Pelangi Harapan

Authors

  • Revalita S. Dos. Santos Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurhayati Tine Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Rawanti Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.61132/paud.v2i4.707

Keywords:

Smart Bottle Caps, Letters, Hijaiyah, Early Childhood, Media

Abstract

This study aims to determine the influence of the Smart Bottle Cap learning media on children's ability to recognize Hyaiyah letters. The research involved all students of Group B at Pelangi Harapan Kindergarten, using a total sampling technique due to the small population (fewer than 30 students). A total of 14 students were selected as the sample. Data were collected through observation and documentation, and analyzed using the t-test. The study was conducted at Pelangi Harapan Kindergarten, Kayubulan Village, Batudaa Pantai Subdistrict, Gorontalo Regency The results indicate that the use of the Smart Bottle Cap media significantly improves children's ability to recognize Hijaiyah letters. There was an increase in the mean score from 22.00 (pretest) to 32.21 (posttest). The combined t-test for the pretest and posttest showed a significanse value (sig) of 0.001 < 0.05, indicating a statistically significant influence therefore, the null hypothesis (Ho) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted.

References

Afandi, A. (2018). Pengaruh media tutup botol bekas minuman terhadap kemampuan membilang. Jurnal Audi. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2728

Agusti, M. (2021). Pengembangan media puzzel berganda sebagai supporting daya ingat menghafal huruf alfabet kelas 1 SD Negeri 2 Sengon. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.173

Arsyad. (2018). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Bastian, A., & Suharni, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media gambar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772

Cania, S. (2020). Pengaruh media glowing city terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Universitas Negeri Surabaya. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.54

Fajari, F. W. U., & Zulkarnaen, Z. (2023). Implementasi perkembangan bahasa anak usia 5–6 tahun melalui metode bercerita. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7933–7939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5620

Farit, S. (2021). Pemanfaatan media tutup botol dalam meningkatkan pemahaman istilah haji dan umroh. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Firdaus, & Hadayani. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media busy book. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Fitriani, R. (2021). Perkembangan bahasa anak usia dini. Yogyakarta: Deepublish.

Fitriyani, N. (2023). Strategi efektif mengajarkan huruf hijaiyyah pada anak usia dini. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Futihat, et al. (2020). Pengembangan media puzzle huruf untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Jurnal Kependidikan Dasar.

Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi bahasa anak usia dini 5–6 tahun melalui metode bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Handayani. (2014). Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. UIN SUKA.

Hasanah, R. (2020). Pengantar ilmu tajwid. Malang: UIN Maliki Press.

Hasani, dkk. (2018). Jurnal Penelitian dan Pengembangan PAUD, 5(1).

Hidayatullah, M. (2023). Psikopedagogi Al-Qur'an untuk anak. Bandung: Pustaka Insan Madani.

Holifah, & Ma’ruf. (2019). Pengaruh penerapan media lego hijaiiyah dari limbah tutup botol untuk meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah di RA Miftahul Huda. Jurnal Mu’alim. https://doi.org/10.35891/muallim.v1i1.1354

Jean Piaget. (2022). Teori pengembangan kognitif. Jurnal Pendidikan.

Khannah, & Waqfin. (2019). Penerapan metode tilawah dalam pembelajaran Al-Qur'an dan kemampuan baca Al-Qur'an santri di TPQ Darusallam Jombang. Journal of Education and Management Studies.

Kumorowati, D. A. (2023). Meningkatkan kemampuan anak mengenal simbol huruf B, D, dan P melalui kegiatan bermain kotak pintar. Audiensi: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol2.no22023pp74-85

Lestari, D. (2022). Pembelajaran huruf hijaiyyah berbasis behavioristik. Jakarta: Literasi.

Lestari, D. (2023). Media kreatif anak usia dini. Bandung: Edukasi Nusantara.

Masmarawati, M., Haryono, M., Asnawati, A., & Sari, R. P. (2024). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan tutup botol. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di Bidang Administrasi Pendidikan, 12(2), 22–26. https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12113

Masyithoh. (2023). Dakwah melalui media sosial pada Majelis Taklim Sabibu. Jurnal Kajian Keislaman.

Mudarlis, Y., & Wirman, A. (2025). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media tutup botol di PAUD Nusa Indah Kota Sawahlunto. Khirani.

Muflikha. (2016). Peningkatan kemampuan anak mengenal huruf melalui media tutup botol hias di PAUD Kenaga I Nagari Sungai Pulai. Universitas Negeri Padang.

Munjiah. (2011). Teori dan terapan. UIN Malang.

Mustofa. (2017). Pengaruh pelaksanaan program penghapal Al-Qur'an terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam.

Nasution, Z. (2020). Metode pembelajaran dalam pengenalan huruf hijaiyah. Jurnal Al-Fatih, 3(1), 173–184.

Neteria, et al. (2020). Puzzle sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran IPS bagi guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25809

Nurhasanah, U. (2023). Psikologi perkembangan anak usia dini dalam pembelajaran Islam. Bandung: Pustaka El-Ma’arif.

Nurhidayah, N., & Jabir, M. (2020). Studi analisis kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia dini melalui bermain puzzle di kelompok B TK Al-Khairaat Kabonena Kota Palu. Ana’Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol1.Iss1.4

Purnamasari, P., Bariah, O., & Riana, N. (2022). Efektivitas penggunaan media puzzle dalam membaca huruf hijaiyyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2027–2032.

Ramania, R. (2019). Peningkatan keterampilan motorik halus anak.

Rawanti, S. (2023). Pengaruh alat permainan edukatif berbasis bahan lingkungan sesuai karakteristik daerah terhadap minat belajar anak. Jurnal Pelita Paud, 8(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3530

Saputra, A. L. G., Sriyanto, A., & Ningtyas, Y. K. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak melalui permainan kartu huruf di TKIT An-Nur Walikukun Kabupaten Ngawi. Journal Fascho: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 13–21.

Saputri, S. (2021). Pengaruh media magic box bottle cup pada kemampuan mengenal huruf abjad anak usia 5–6 tahun. UIN Syarif Hidayatullah.

Sayidah, N. (2021). Metode pembelajaran huruf hijaiyah melalui media tutup botol pintar untuk anak usia dini. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Setiawan. (2019). Implementasi media game edukasi Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Semarang: UNIMUS.

Sholihin, M. N. (2020). Peran ilmu al-ashwat dalam pelafalan huruf hijaiyah (Kajian teoritik linguistik terapan). Saliha: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2), 110–127. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i2.85

Sitorus, Y. (2020). Kemampuan pengenalan huruf latin pada anak usia dini di RA Annajamissa’adah Medan Tembung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 86–94.

Sulaiman, H. (2021). Metodologi pembelajaran Al-Qur'an. Yogyakarta: Deepublish.

Suryani, M. (2021). Strategi mengajarkan huruf hijaiyyah dengan pendekatan kecerdasan majemuk. Malang: UIN Maliki Press.

Suyadi. (2020). Media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak usia dini. Paudia: Jurnal Pendidikan Anak.

Tafando. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tine, N. (2022). Program BTQ dan Banthayo Lo Ilimu dalam meningkatkan pendidikan di Desa Limehe Barat Kec. Tabongo Kab. Gorontalo. Jurnal: Universitas Negeri Gorontalo. https://doi.org/10.56190/jat.v2i1.14

Triastuti, et al. (2022). Media pembelajaran tutup botol untuk anak usia dini (Bottle cap learning media for early childhood education). Jurnal Abdimas IPWIJA.

Yamin, M. (2013). Strategi dan metode dalam pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zulfikar, A. (2022). Dasar-dasar pembelajaran Al-Qur'an untuk anak. Bandung: Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2025-11-06

How to Cite

Revalita S. Dos. Santos, Nurhayati Tine, & Sri Rawanti. (2025). Pengaruh Media Tutup Botol Pintar terhadap Kemampuan Mengenalkan Huruf Hijaiyah di Kelompok B, TK Pelangi Harapan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Kewarganegaraan, 2(4), 13–25. https://doi.org/10.61132/paud.v2i4.707

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.