Penggunaan Web Quizizz pada Pelajaran Fisika Materi Energi Kinetik dan Energi Potensial di Kelas X.7 SMA Negeri 1 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.61132/jupenkifb.v1i2.199Keywords:
kinetic energy, learning media, Physics, potential energy, QuizizzAbstract
This research is motivated by the importance of utilizing technology-based learning media to enhance the effectiveness of the learning process, particularly in Physics subjects that are often perceived as difficult by students. The purpose of this study is to describe the use of Quizizz as a learning media in Physics lessons on Kinetic Energy and Potential Energy material in class X.7 of SMA Negeri 1 Pekanbaru. This study employed a descriptive qualitative method with data collection techniques through observations and documentation of students' learning outcomes. The results showed that the use of Quizizz successfully created an enjoyable learning atmosphere, increased students' motivation, and encouraged active participation. The evaluation scores through Quizizz indicated an improvement in students’ understanding of the material, with the highest score reaching 5000 points. The implication of this research suggests that implementing game-based learning media such as Quizizz can serve as an innovative alternative to improve student learning outcomes and reduce boredom in Physics learning.
References
Aditiyawarman, M. A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran. Jurnal Penelitian, 7(1), 24–36. https://doi.org/10.46491/jp.v7i1.840
Cholik, M. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Quizizz sebagai alat pembelajaran interaktif di SMK. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 428–435. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4156
Emor, I. T., Mondolang, A. H., & Lolowang, J. (2022). Penggunaan Kinemaster dan Quizizz dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 54–59. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.158
Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314
Miftah, M., & Lamasitudju, C. A. (2022). Penerapan Qugamee (Quiz dan game edukasi) interaktif pada pembelajaran IPA-Fisika menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan Wordwall. Jurnal Kreatif Online (JKO), 10(1), 75–84. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko
Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah, 5(1), 19–26.
Nizaruddin, Muhatorom, & Nugraha, E. A. P. (2021). Pelatihan penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291–296.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Nurhayati, H., & Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media pemberian kuis dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1161
Rumiati, R., Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis konsep fisika energi mekanik pada permainan tradisional egrang sebagai bahan pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi COVID-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88
Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508
Suharsono, A. (2020). Penggunaan aplikasi Quizizz dalam pelatihan dasar CPNS. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 60–66. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1915
Wulandari, Y., Wahyuni, A., & Elisa. (2017). Efektivitas metode pembelajaran aktif tipe team quiz terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 202–206. https://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2723
Zalukhu, M., Golung, A. M., & Rondonuwu, S. (2022). Analisis faktor-faktor dalam pengembangan koleksi untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle. Acta Diurna Komunikasi, 4(2), 1–6.