Perencanaan Pembelajaran IPA yang Interaktif dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas XII SMAN 9 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.61132/jupenkifb.v1i2.193Keywords:
Interactive, learning, interest, Science, StrategyAbstract
This article provides an explanation of how interactive learning can improve students’learning request in class XII SMAN 9 Pekanbaru. Interactive learning in it’s application allows students to participate in learning, actively ask questions, raise students’curiosity and enthusiasm in focusing on learning materials. These things are an indicator that can be seen that with the existence of interactive learning can increase their willingness to learn, student interest in learning. This article presents the implementation of learning by using interactive media properly and correctly, along with examples of interactive learning that can be utilised by teachers in teaching and learning activities. All data obtained in this article is based on the result of observations and interviews conducted at SMAN 9 Pekanbaru. It is hoped that this interactive learning can foster a sense of students interest in learning and also satisfactory cognitive learning outcomes.
References
Achru, Andi. 2019. “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran.” JURNAL IDAARAH 3(36):205–15.
Ariani, Niken Dwi, and Oktaviani Adhi Suciptaningsih. 2023. “Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pembelajaran IPS Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5(6):2834–47.
Baharuddin, Lailatul Fitriah Eka Putri, and Rosulinawati. 2024. “Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 5(4):418–24. doi: 10.32832/idarah.v5i4.16811.
Cahyono, Sigit Pandu, Sutiyono, and Aulia Sholichah Iman Nurchotimah. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Bulustalan Semarang.” PRIMER: Journal of Primary Education Research 1(2):63–67.
Chandra, Mutiara Putri, Rasimin, and Muhammad Alridho Lubis. 2023. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Audio Visual Pasca Covid.” JUANG: Jurnal Wahana Konseling 6(2):109–19.
Fadhila, Fara Aditya Ayu, Fariz Setyawan, and Alfian Tyas Kurniawan. 2023. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Dan Dampaknya : Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Pp. 1018–24 in Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan.
Hartanti, Dwi. 2019. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia.” Pp. 78–85 in Prosiding Seminar Nasional : Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Shapir.
Manik, Gia Cinta Saria, Malvira Pohan, Sernanda Putri Darma, and Latifah Sayidah Hanum. 2024. “Penerapan Multimedia Interaksi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat BELAJAR PADA SISWA KELAS XII-6 MATLANGRAF SMAN 1 PERCUT SEI Tuan.” Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner 8(12):116–20.
Munawir, Ainur Rofiqoh, and Ismi Khairani. 2024. “Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 9(1):63–71.
Muslih, Hafid, and Ema Roslaeni. 2024. “Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Linuhung : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 1(1):1–15.
Nisa, Khoirun, and Linda Dwi Aryanti. 2023. “Penggunaan Media Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman 31–37.
Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1):128–35.
Sari, Ria Eka, Fhery Agustin, Alfa Saleh, and Rahma Tesya. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” TUNAS : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):169–73.
Tabina, Melia Hansa Cordelia, Azahro Isna Mubarok, Ilma Marinda Sari, Aura Yunisa Nabela, Fina Fakhriyah, and Nur Fajrie. 2024. “Analisis Media Pembelajaran Interaktif Dalam Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD 03 Tergo.” J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah 3(5):2493–2502.
Tarsha, Cindy Fellya, Fitri Refelita, and Elvi Yenti. 2024. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANDROID.” Journal Of Chemistry Education And Integration 3(1):48–55. doi: 10.24014/JCEI.v3i1.28795.