Efektivitas Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Teknik Pemupukan Siswa XI ATPH 3 SMKN 1 Purwosari
DOI:
https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v2i2.272Keywords:
Effectivity, Fertilization, Learning Outcomes, PBLAbstract
The classical mastery score of Grade XI ATPH 3 students at SMK Negeri 1 Purwosari in the fertilization element of fertilization techniques subject for the 2024/2025 academic year, did not meet the minimum required standard. This study aimed to determine the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) method in improving student learning outcomes in the fertilization element of the fertilization techniques subject. The classroom action research was conducted in two cycles. Based on data analysis and reflection, it was concluded that the Problem Based Learning (PBL)method effectively improved the learning outcomes of Grade XI ATPH 3 students at SMK Negeri 1 Purwosari. In the first cycle, the student mastery was 30.30% with an average score of 61.82, while in the second cycle, mastery increased to 75.76% with an average score of 81.21.
References
Akbar, S. H. (2020). The relationship between the Problem Based Learning (PBL) model with student learning outcomes. Conference Series, 3(3), 2050–2055. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/shes
Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian tindakan kelas. Makassar: Mitra Ilmu.
Arif, S., & Shinta, O. (2023). Penelitian tindakan kelas. Makassar: Mitra Ilmu.
Bertham, Y. H., Bambang, G. M., & Kartika, U. (2022). Peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pemberian pupuk organik dan anorganik untuk produktivitas tanaman. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(4), 2961–2972. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9322
Chrisdiyanto, E., & Hamdi, S. (2023). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2), 165–174. https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.65754
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.
Friwandi, F. K., & Aswardi. (2023). Efektivitas penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Student Research Journal, 1(2), 174–186. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.182
Ginting, V., Ginting, R. R., Hasibuan, R. J., & Peranginangin, L. M. (2022). Analisis faktor tidak meratanya pendidikan di SDN 704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 410. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.778
Kusuma, Y. Y. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas III sekolah dasar. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1460–1467. Diakses dari https://jbasic.org/index.php/basicedu
Marmur, & Utami, S. (2020). Pengaruh berbagai metode aplikasi pupuk terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung (Zea mays L.). Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 11–15. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9322
Mawikere, M. C. S., & Hura, S. (2021). Kajian mengenai konteks dan strategi pembelajaran yang relevan bagi Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kalasey Satu, Minahasa. Tou Mou Jurnal Ilmiah, 8(2), 82–103. http://dx.doi.org/10.51667/tt.v8i1
Mualimin, & Rahmat, A. H. C. (2014). Penelitian tindakan kelas: Teori dan praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2620313
Pertiwiningrum, A., Suhartano, B., Sugiyanto, C., Indroyono, P., Prabowo, T. A., Arruzzi, R. K., & Wuri, M. A. (2020). Peta jalan (road map) SMK pertanian dalam mendukung ketahanan pangan di kawasan transmigrasi. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari https://repositori.kemdikbud.go.id
Rachmawati, N. Y. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 246–259. Diakses dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Rahmadani. (2019). Metode penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Lantanida, 7(1), 77. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Setyoastuti, D. (2019). Agribisnis tanaman pangan SMK/MA kelas XI. Yogyakarta: CV Andi.
Suginem. (2021). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Metaedukasi, 3(1), 32–36. Diakses dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120. Diakses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv
Syamsurijal, Sabillah, B. M., & Yusuf, M. (2022). Studi analisis model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7516–7525. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4040
Wayeni, Y. D. F., Rahmah, N., & Fitria, I. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa agribisnis produksi tanaman melalui model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 8(2), 187–194. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/ptp/article/view/30608
Winarti, E. R., Budi, W., & Rochmad. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui Problem Based Learning peer feedback activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207. Diakses dari http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Winarti, E. R., Waluya, B., & Rochmad. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui Problem Based Learning dengan peer feedback activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 107–197. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26056
Wisahua, S. (2021). Konsep pengembangan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Horizon Pendidikan, 16(2). Diakses dari https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/hp/issue/view/178
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Cakrawala Pendidikan dan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.