Efektivitas Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Teknik Pemupukan Siswa XI ATPH 3 SMKN 1 Purwosari

Authors

  • Khoulin Sakila Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Sukian Wilujeng SMK Negeri 1 Purwosari
  • Maureen Evita Santi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v2i2.272

Keywords:

Effectivity, Fertilization, Learning Outcomes, PBL

Abstract

The classical mastery score of Grade XI ATPH 3 students at SMK Negeri 1 Purwosari in the fertilization element of fertilization techniques subject for the 2024/2025 academic year, did not meet the minimum required standard. This study aimed to determine the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) method in improving student learning outcomes in the fertilization element of the fertilization techniques subject. The classroom action research was conducted in two cycles. Based on data analysis and reflection, it was concluded that the Problem Based Learning (PBL)method effectively improved the learning outcomes of Grade XI ATPH 3 students at SMK Negeri 1 Purwosari. In the first cycle, the student mastery was 30.30% with an average score of 61.82, while in the second cycle, mastery increased to 75.76% with an average score of 81.21.

References

Akbar, S. H. (2020). The relationship between the Problem Based Learning (PBL) model with student learning outcomes. Conference Series, 3(3), 2050–2055. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/shes

Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian tindakan kelas. Makassar: Mitra Ilmu.

Arif, S., & Shinta, O. (2023). Penelitian tindakan kelas. Makassar: Mitra Ilmu.

Bertham, Y. H., Bambang, G. M., & Kartika, U. (2022). Peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pemberian pupuk organik dan anorganik untuk produktivitas tanaman. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(4), 2961–2972. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9322

Chrisdiyanto, E., & Hamdi, S. (2023). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2), 165–174. https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.65754

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.

Friwandi, F. K., & Aswardi. (2023). Efektivitas penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Student Research Journal, 1(2), 174–186. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.182

Ginting, V., Ginting, R. R., Hasibuan, R. J., & Peranginangin, L. M. (2022). Analisis faktor tidak meratanya pendidikan di SDN 704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 410. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.778

Kusuma, Y. Y. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas III sekolah dasar. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1460–1467. Diakses dari https://jbasic.org/index.php/basicedu

Marmur, & Utami, S. (2020). Pengaruh berbagai metode aplikasi pupuk terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung (Zea mays L.). Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 11–15. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9322

Mawikere, M. C. S., & Hura, S. (2021). Kajian mengenai konteks dan strategi pembelajaran yang relevan bagi Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kalasey Satu, Minahasa. Tou Mou Jurnal Ilmiah, 8(2), 82–103. http://dx.doi.org/10.51667/tt.v8i1

Mualimin, & Rahmat, A. H. C. (2014). Penelitian tindakan kelas: Teori dan praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2620313

Pertiwiningrum, A., Suhartano, B., Sugiyanto, C., Indroyono, P., Prabowo, T. A., Arruzzi, R. K., & Wuri, M. A. (2020). Peta jalan (road map) SMK pertanian dalam mendukung ketahanan pangan di kawasan transmigrasi. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari https://repositori.kemdikbud.go.id

Rachmawati, N. Y. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 246–259. Diakses dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Rahmadani. (2019). Metode penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Lantanida, 7(1), 77. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Setyoastuti, D. (2019). Agribisnis tanaman pangan SMK/MA kelas XI. Yogyakarta: CV Andi.

Suginem. (2021). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Metaedukasi, 3(1), 32–36. Diakses dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120. Diakses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv

Syamsurijal, Sabillah, B. M., & Yusuf, M. (2022). Studi analisis model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7516–7525. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4040

Wayeni, Y. D. F., Rahmah, N., & Fitria, I. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa agribisnis produksi tanaman melalui model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 8(2), 187–194. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/ptp/article/view/30608

Winarti, E. R., Budi, W., & Rochmad. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui Problem Based Learning peer feedback activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207. Diakses dari http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Winarti, E. R., Waluya, B., & Rochmad. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui Problem Based Learning dengan peer feedback activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 107–197. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26056

Wisahua, S. (2021). Konsep pengembangan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Horizon Pendidikan, 16(2). Diakses dari https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/hp/issue/view/178

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Khoulin Sakila, Sukian Wilujeng, & Maureen Evita Santi. (2025). Efektivitas Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Teknik Pemupukan Siswa XI ATPH 3 SMKN 1 Purwosari . Jurnal Cakrawala Pendidikan Dan Biologi, 2(2), 36–48. https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v2i2.272

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.