Peningkatkan Pembelajaran Passing pada Materi Sepak Bola Melalui Metode Learning Together

Authors

  • Ade Brilliant Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya
  • Indra Bagus Lesmana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/inpaud.v1i4.45

Keywords:

Passing, Football, Learning together

Abstract

The passing ability of class 5 B students at SDN Lidah Wetan II/462 can be improved by learning football passing material using the learning together method in PJOK learning, based on the findings of two cycles of classroom action research. The increase in football passing ability from pre-cycle, cycle I to cycle II shows this. Football passing has an average value of 62.20 in the pre-cycle. The average score increased to 67.62 in the first cycle of student assessment results, and to 77.24 in the second cycle, a quite good change. It can be seen that this increase illustrates that students' soccer passing abilities have experienced quite good changes in each process.

References

Ardana, A. A. K. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe belajar bersama (Learning Together) sebagai upaya peningkatan hasil belajar PJOK pada siswa kelas IV SD Negeri 20 Cakranegara. Media Bina Ilmiah, 13(8), 1445–1456.

Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Ayustina, S. G., & Mustofa, M. (2021). Peningkatan hasil belajar melalui model cooperative learning together pelajaran keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam kelas IVB SD N Kestalan Surakarta 2021/2022. Jurnal Handayani PGSFD FIP Unimed, 12(2), 82–87.

Brilliant Pratama, A. (2023). Upaya penggunaan media botol plastik untuk meningkatkan keterampilan renang gaya bebas pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sukodono tahun ajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya).

Dewi, F. S., Syahrudin, H., & Genjik, B. (n.d.). Pengaruh model Learning Together dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9).

Hanief, Y. N. (2017). Membentuk gerak dasar pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. Journal of Sportif, 1(1), 60–73.

Huda, M. (2015). Cooperative learning: Efektivitas pembelajaran kelompok.

Kristiyanto, A. (2011). Penelitian tindakan kelas. UNS Press.

Kurniawati, N. L. A. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) dikombinasikan dengan drill and practice untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.

Laswanti, L. (2019, March). Meningkatkan minat siswa pada bidang study PJOK melalui metode kooperatif Learning Together di SDN 21 Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara tahun pelajaran 2017/2018. In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 1, No. 1).

Luji, A. L. (2022). Penerapan permainan soccer like games dalam pembelajaran sepak bola untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XE SMA Negeri 1 Lobalain. Jurnal Mitra Pendidikan, 6(8), 506–502.

Mashud, S. P. (2022). Penelitian tindakan berbasis project based learning kelas pendidikan jasmani (PTK) & kelas olahraga (PTO). Zifatama Jawara.

Pangga, D., & Kuntjoro, B. F. T. (2023). Meningkatkan hasil belajar PJOK melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siswa kelas III UPT SDN 223 Gresik. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 122–134.

Pramadani, T., & Sari, D. M. (2021). Penilaian kemampuan passing sepak bola melalui observasi penilaian pada kegiatan ekstrakurikuler sepak bola SD Negeri 107826 Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan tahun ajaran 2020/2021. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(1), 33–39.

Raibowo, S., N. Y. E., & M. M. K. (2019). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal of Sport Education, 2(1), 10.

Sari, E. S., & Dewi, T. A. (2018). Pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(1).

Standar, B. (2022). Capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Stephani, M. R. (2017). Stimulasi kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah pada pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 16–27.

Yane, S., & Pratami, A. (2016). Peningkatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode Learning Together. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 46–57.

Yusuf, E., Mujtahidin, A. H., & Ridwan, M. (2024). Upaya meningkatkan motivasi melalui aktivitas bermain dalam materi gerak dasar lokomotor siswa kelas II SD Negeri 168 Gresik. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2992–3000.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Ade Brilliant Pratama, Faridha Nurhayati, & Indra Bagus Lesmana. (2024). Peningkatkan Pembelajaran Passing pada Materi Sepak Bola Melalui Metode Learning Together. Inovasi Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(4), 59–65. https://doi.org/10.61132/inpaud.v1i4.45