Pengembangan Media Magic Star Box untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini.

Authors

  • Audrey Fadillah Universitasa Nusantara PGRI Kediri
  • Rosa Imani Khan Universitasa Nusantara PGRI Kediri
  • Ridwan Ridwan Universitasa Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.61132/paud.v2i3.659

Keywords:

Motor Skills, Early Childhood, Magic Star Box

Abstract

The background of this research highlights the crucial role of vocabulary mastery in children’s language development, which significantly impacts their social interactions and learning processes. This study focuses on developing the Magic Star Box as a learning medium aimed at enhancing the gross motor skills of children aged 4–5 years. The Magic Star Box is an adaptation of stop-motion media, designed to create an engaging and enjoyable learning atmosphere by integrating words and images. The research applies a Research and Development (R&D) method, simplified into four stages: identifying potentials and problems, collecting data, designing the product, and validating the design. Validation from subject matter experts and game design experts indicated that the Magic Star Box is feasible for improving children’s vocabulary. This medium is expected to provide an innovative, engaging, and effective learning solution for young learners

References

Agustin, A., Zahra, F. H. A., & Munawaroh, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini: Improvement Of Children's Cognitive Abilities Through Gross Motor Activities In Early Childhood. Journal Fascho: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), hal. 46-60. Diakses pada tanggal 6 Juli 2024 dari

Dini, J. P. A. U. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak–Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), hal. 3429-3438. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024 dari

Erwanda, D. R., & Sutapa, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (3), hal. 3323-3334. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024 dari

Fadlillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Unmuh Ponorogo. Diakses pada tanggal 14 November 2024 dari

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4 (2). hal 4-10. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024 dari

Fitiriani, Desti, Taopik Rahman & Heri Yusuf Muslihin. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V (1), hal. 13-22. Diakses pada tanggal 19 Juli 2024 dari

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4 (2), hal. 129–150. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024 dari

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional bagi Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan anak, 5 (1), hal. 720-727. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024 dari

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal

Generasi Emas, 4 (1), hal. 52-64. Diakses pada tanggal 2 November 2024

Herawati, Novika, Astuti & Melvi Lesmana A. (2021). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Bernyanyi dengan Gerakan Berbasis Tema di TK Tunas Harapan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2 (1), hal. 43-56. Diakses pada tanggal 3 Juni 2024.

Khan, Rosa Imani. (2021). Urgensi Pendidikan untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Al-Hikmah, 9 (1), hal. 42-48. Diakses pada tanggal 3 Juni 2024.

Nabil, Naimina Restu An dkk. (2022). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 25 (2), hal. 184-191. Diakses pada tanggal 26 Juni 2024.

Nurrahman, M. N., Meisyaroh, S., Sagala, V. S., & Marini, A. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran dalam Bentuk Permainan Papan Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2 (2), hal. 437-446. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2024.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Salinan), Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Lingkup Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024 dari

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12 (1), hal. 46-57. Diakses pada tanggal 29 Juni 2024.

Raihana, R. (2018). Urgensi Sekolah PAUD untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Emas, 1 (1), hal. 17-28. Diakses pada tanggal 26 Juni 2024

Reswari, A., lestariningrum, A., Iftitah, S. L., & Pangastuti, R. (2022). Perkembangan Fisik dan Motorik Anak. Diakses pada tanggal 28 Juni 2024 dari

Saputra, A. (2019). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1), hal. 102-113. Diakses pada tanggal 6 Desember 2024.

Saringatun. (2014). Meningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lari Estafet pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Mutiara Bunda. Jurnal PAUD Teratai, 3 (3), hal. 1-8. Diakses pada tanggal 24 Desember 2024.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak. 1 (1), hal. 114-130. Diakses pada tanggal 27 Juni 2024.

Suhana, A. (2021). Pengembangan Media Motion Foot untuk Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fun Kids Cireundeu, Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sumiyati, S. (2018). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1), hal. 78-97. Diakses pada tanggal 9 Juli 2024.

Tohir, Acep. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Latihan Berlari dan Melompat. Jurnal Waladuna, 3 (1), hal. 49-60. Diakses pada tanggal 3 Juni 2024.

Veryawan, V., Tan, M., & Syarfina, S. (2021). Kegiatan Bermain Kotak Ajaib (Magic Box) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), hal. 44-52. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2024 .

Wawat. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar dengan Penggunaan Media Gambar. Jurnal Educatio, 7 (1), hal. 207-212. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2024.

Widyaningsih, Indah Pinasti. (2017). Peningkatan Pengembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Gerak Lokomotor pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Gemantar Selogiri Tahun Ajaran 2016/2017. (Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret: Surakarta).

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran. Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial. Pare-pare: Universitas Muhammadiyah Pare-pare.

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Audrey Fadillah, Rosa Imani Khan, & Ridwan Ridwan. (2025). Pengembangan Media Magic Star Box untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Kewarganegaraan, 2(3), 245–252. https://doi.org/10.61132/paud.v2i3.659

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.