Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini
Keywords:
Game-based learning, motor skills, early childhood, sports educationAbstract
This study aims to analyze the effect of game-based learning on improving motor skills in early childhood. The method used is an experiment with a pretest-posttest design. The results of the study indicate that game-based learning can improve children's motor skills, such as movement coordination and body balance, as well as their social skills through interaction with peers
References
Anggraeni, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Anak Melalui Permainan Kreatif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(3), 121-130.
Astuti, Y. (2020). Pengembangan Kemampuan Motorik Anak dengan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 112-118.
Fadillah, A., & Santosa, D. (2018). Permainan Fisik dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 78-85.
Hidayat, R. (2018). Manfaat Permainan untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Fisik, 5(1), 101-108.
Ismail, Z. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Aktivitas Bermain Kelompok. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(4), 156-162.
Kurniawati, R. (2018). Pengaruh Permainan terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Anak, 8(2), 85-92.
Mulia, T., & Fitria, S. (2020). Keterlibatan Anak dalam Permainan Fisik untuk Pengembangan Motorik Kasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 92-98.
Nurhadi, F., & Susanti, R. (2019). Pengaruh Permainan Motorik terhadap Kemampuan Keseimbangan Anak. Jurnal Kesehatan Anak, 10(1), 23-30.
Prasetyo, D., & Yulianto, P. (2021). Pembelajaran Berbasis Permainan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 56-65.
Rahman, F., & Sari, D. (2020). Meningkatkan Koordinasi Gerak Anak Melalui Permainan. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 6(2), 89-97.
Riani, L. (2019). Strategi Pengajaran Motorik Anak Usia Dini melalui Permainan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 71-78.
Salim, M., & Aulia, T. (2019). Peran Permainan dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 102-109.
Simanjuntak, F., & Siregar, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(4), 160-168.
Sutrisno, S. (2017). Permainan dalam Pembelajaran Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Pendidikan Indonesia.
Wulandari, N., & Gunawan, A. (2020). Permainan Sebagai Media Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 45-51.