Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sepak Bola Melalui Video Pembelajaran Berbasis Canva : Pendekatan Inovatif

Authors

  • Glennada Risty Universitas Negeri Surabaya
  • Fathurahman Fathurahman Universitas Negeri Surabaya
  • Ganang Gutamara Universitas Negeri Surabaya
  • Sigra Santika Satria Dhani Universitas Negeri Surabaya 3
  • Abdul Rachman Syam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/mupeno.v2i3.258

Keywords:

Learning Videos, Motivation, Football, Achievement

Abstract

This study aims to evaluate the effect of using Canva media on students' motivation and learning outcomes, especially in soccer material. The method used is a quantitative approach with a One Group Pretest-Posttest experimental design. The subjects of the study consisted of 59 ninth grade students of SMP Labschool Unesa 3 Surabaya, with a sample of 20 students from class IX-A. Data were collected through a questionnaire and pretest and posttest were conducted. Data analysis included normality, homogeneity, and hypothesis testing. The results showed an average pretest score of 84.68 and a posttest of 63.10, with an increase in learning motivation of 92.41. The average learning outcome before the intervention was 4.1765, while after it became 6.0588. The T-test showed a significance value (2-tailed) of 0.000 ≤ 0.005, so the alternative hypothesis was accepted and the null hypothesis was rejected. This indicates that Canva media contributes positively to increasing student motivation and learning outcomes in soccer learning, as seen from the increasing enthusiasm of students during the learning process.

References

Abubakar, R. (2020). Pengantar metodologi penelitian. Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR%20METODOLOGI%20PENELITIAN.pdf

Br Tarigan, K. E., Wijaya, M. A., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK secara daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 173. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39522

Cahyadi, E., Hariyanto, A., & Kartiko, D. C. (2021). Penerapan metode pembelajaran inkuiri dan group investigation pada pembelajaran PJOK terhadap partisipasi dan berpikir kritis siswa SMPN 4 Pamekasan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 246–254. https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2063

Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di masa pandemi Covid-19. Patriot, 3, 314–328. [DOI tidak lengkap di sumber Anda, mohon dilengkapi bila tersedia]

Citra Beauty, T. R., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap peningkatan kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499

Hatmoko, J. H. (2015). Survei minat dan motivasi siswa putri terhadap mata pelajaran Penjasorkes di SMK se-Kota Salatiga tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736.

Ikhsan, A. N., Fadilah, A. N., & Faizal, I. (2023). Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan media Canva di SMK Negeri Kebasen. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1273. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15211

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan Canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional, 275–281. [Nama prosiding belum lengkap, mohon dikonfirmasi]

Maksum, A. (2018). Metodologi penelitian dalam olahraga. Unesa University Press.

Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media pembelajaran Canva untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2(2), 207–352.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran pengembangan media terhadap keberhasilan pembelajaran PJOK di sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16.

Mubarok, R. R. S., Narlan, A., & Millah, H. (2019). Pengaruh latihan long passing menggunakan sasaran berurutan terhadap ketepatan long passing dalam permainan sepak bola. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 98–103. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1150

Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IXI MTs Nahdlatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Pradana, A. A. (2021). Strategi pembentukan karakter siswa pada jenjang pendidikan dasar melalui mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media pembelajaran PJOK berbasis audio visual pada materi shooting bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430

Putri, A. R. A., & Marhamah. (2022). Audio-visual-based learning media through Canva application for eight grade students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 331–202. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51336

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh penerapan media pembelajaran Canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 8(4), 107. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110251

Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi pembelajaran PJOK berbasis daring terhadap tingkat pemahaman dan motivasi belajar siswa kelas IV–VI SD Negeri Betro, Sedati–Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 328–338. https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1817

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–203.

Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703.

Setyanto, A. E. (2020). Memperkenalkan kembali metode eksperimen dalam kajian komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37–48.

Simanjorang, E. K., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video tutorial materi passing sepakbola mata pelajaran PJOK untuk kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 99–107. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33762

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di MAN Lamongan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1), 225–229.

Tri, W., & Adam, M. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Veni, I., & Achmad, M. (2021). Minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(September), 87–93. [Nama jurnal perlu dikonfirmasi]

Wati, K. A., & Jannah, M. (2021). Hubungan antara kejenuhan dengan motivasi berprestasi pada atlet sepak bola. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 126–136.

Widyatnyana, K., & Rasna, I. (2021). Penerapan model discovery learning pada materi teks cerpen dengan menggunakan media Canva for Education. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.695

Zumratul, T., Ermiana, I., & Tahir, M. (2023). Pengaruh penggunaan LKPD terhadap hasil belajar PPKn siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 143–148. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Glennada Risty, Fathurahman Fathurahman, Ganang Gutamara, Sigra Santika Satria Dhani, & Abdul Rachman Syam. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sepak Bola Melalui Video Pembelajaran Berbasis Canva : Pendekatan Inovatif. Mutiara Pendidikan Dan Olahraga, 2(3), 83–94. https://doi.org/10.61132/mupeno.v2i3.258