Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di SMK Negeri 3 Pekanbaru

Authors

  • Amelia Agustina Universitas Muhammadiyah Riau
  • Edi Ismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i1.196

Keywords:

character, great Indonesia, seven habits

Abstract

Character education is one of the important aspects in forming a good personality in each individual. Good character will have a positive impact on the social, emotional, and academic life of students. The 7 Habits of Great Indonesian Children Movement Program is designed as a strategic step to form individuals who are not only academically intelligent, but also have strong characters that are the foundation of the nation's success in the future. The main objective of this movement is to create a golden generation of Indonesia in 2045. By instilling positive habits from an early age, it is hoped that Indonesian children can grow into healthy, intelligent, characterful individuals who contribute positively to the nation and state. One of the State Vocational Schools in Pekanbaru has implemented the 7 habits of great Indonesian children movement, namely at State Vocational School 3 Pekanbaru.

References

Anam, K. (2019). Pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat dalam perspektif Islam. Pendidikan PHBS dalam Perspektif Islam, 3(1), 67-78.

Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan karakter anak melalui tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat dalam perspektif Islam. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 7, 266-274.

Beno, J., Silen, A., & Yanti, M. (2022). Pengertian pendidikan, sistem pendidikan sekolah luar biasa, dan jenis-jenis sekolah luar biasa. Braz Dent J, 33(1), 1-12.

Damanik, E. D. T., & Ediyono, S. (2024). Pengaruh kebiasaan bangun pagi terhadap kesehatan mental mahasiswa di Indonesia. (October).

Destia, P. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. 178-184.

Dwi Putri, A. (2017). Hubungan kualitas tidur dengan nilai akademik mahasiswa Akademi Kebidanan Alifah Padang. Jik- Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 22-26. https://doi.org/10.33757/jik.v1i1.22

Furqaani, A. R. (2017). Latihan fisik sebagai brain booster untuk anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11-22. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2688

Goa, L. (2017). Perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. SAPA - Jurnal Kateketik dan Pastoral, 2(2), 53-67. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i2.40

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi pendidikan karakter dalam menciptakan generasi emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Haris, R. A., & Rasaili, W. (2023). Sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat serta kesadaran protokol kesehatan di SDIT Al Wathoniyah Sumenep. Jurnal Abhakte, 1, 1-7.

Koleangan, G. M., Mawuntu, A. H. P., & Kembuan, M. A. H. M. (2019). Karakteristik dan kualitas hidup pasien penyakit Parkinson dengan probabel gangguan perilaku tidur fase gerak mata cepat di Manado. e-CliniC, 8(1), 120-126. https://doi.org/10.35790/ecl.8.1.2020.27191

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17-26.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam di era revolusi digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Novitasari, N., Redjeki, E. S., & Nasution, Z. (2018). Strategi membangun masyarakat gemar belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 267-270.

Prayitno, A. (2022). Gangguan pola tidur pada kelompok usia lanjut dan penatalaksanaannya. Kedokteran Trisakti, 21(1), 23-30.

Putri, T. N., Afifah, D. R., & Anwar, R. N. (2024). Manfaat modul ajar terhadap hasil belajar peserta didik. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(3), 18-21.

Safitri, K. N., Irdhillah, S., Deskia, M., Naufaldy, M. F., Rahayu, R., Kusumawicitra, N., Triwanvi, S., Mulyana, A., & Mulyana, A. (2024). Pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar: Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44-56. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2108

Sinulingga, N. N. (2016). Membangun karakter sehat dan berakhlak mulia melalui 7 kebiasaan anak Indonesia hebat. Jurnal Tarbiyatuna, 9, 1-23.

Sukarno, M. (2020). Penguatan pendidikan karakter dalam era masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32-37.

Yuliana, Y., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Upaya penumbuhan perilaku toleransi pada anak usia dini di lembaga PAUD. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 866-874.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Amelia Agustina, & Edi Ismanto. (2025). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dirgantara, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i1.196