Pendekatan Interkultural terhadap Pembelajaran Bahasa Arab dalam Memahami Budaya Arab

Authors

  • Sofiatus Sobriyah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain

DOI:

https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v1i4.57

Keywords:

Intercultural Approach, Arabic Language Learning, Understanding Arabic Culture

Abstract

Technology gives students access to the vast and diverse world of Arab culture, and Arabic is a language rich in cultural values and customs. The significance of Arabic is increasing in the digital era due to its association with Islamic culture and Middle Eastern countries that have great political, economic and cultural influence. Therefore, it is very important for Arabic language learners to use intercultural learning to improve their Arabic language proficiency. The aim of this research is to investigate how the use of an intercultural approach in teaching Arabic affects students' understanding of Arab culture. Through observations, interviews, and examination of teaching materials, a qualitative case study design was used in this research. Study room. Research findings show that the intercultural approach in teaching Arabic has increased students' understanding of Arab culture and increased their enthusiasm for learning.

References

Andari, I. A. M. Y., Antara, P. A., & Asril, N. M. (2024). Habituasi One Teacher One Language Dalam Pembelajaran Multibahasa Pada Taman Kanak-Kanak. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-24.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Baginda, P., Hendra, D., & Dewi, N. A. (2023, December). Pembentukan karakter mahasiswa berbasis pendidikan interkultural melalui pendekatan cultural project. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran.

Elhany, H. (2019). Dakwah islam di era globalisasi perspektif bimbingan penyuluhan islam. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(2), 297-320.

Fadli, M. (2024). Metode Penelitian Kombinasi. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), 44.

Jazilah, E., & Mufidah, N. (2024). Manajemen program arabic culture dalam menciptakan bi’ah Arabiyah di perguruan tinggi Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 9(1), 1-18.

Marhamah, M., Cyntia, C., Wulandari, F., Sarita, R., & Alfitri, A. (2024). Analisis Kebutuhan Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terintegritas Budaya Melayu Riau Kelas X SMA Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 667-679.

Marlina, C. N. (2024). Persepsi dan Kesiapan Guru Bidang Studi Fikih dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di MTsN Aceh Besar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.

Nufus, H. (2019). Peranan bi’ah lughawaiyyah dalam meningkatkan kemahiran berbahasa Arab santri Ma’had Dar Al-Quran Tulehu Maluku Tengah. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 1(1), 68-82.

Observasi Lapangan, tanggal 10 Oktober 2023 di Kelas asrama Bahasa Arab.

Observasi lingkungan bahasa, tanggal 15 Oktober 2024 di Lingkungan Bahasa Arab Nurul Qarnain.

Purnomo, S. (2022). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multi Kultural Melalui Model Pembelajaran Transformative Learning Di Stai Al-Karimiyah Depok Jawa Barat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Putra, G. S., Maulana, I. I., Chayo, A. D., Haekal, M. I., & Syaharani, R. (2024). Pengukuran efektivitas platform e-learning dalam pembelajaran teknik informatika di era digital. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(1), 19-29.

Rahmah, S. (2024). INTEGRASI BUDAYA ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: MANFAAT DAN TANTANGANNYA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15437-15444.

Rianita, L. D. D. (2024). STATUS QUO BAHASA INGGRIS SEBAGAI LINGUA FRANCA: PELUANG DAN TANTANGAN. OPTIMALISASI PEMBELAJARAN, 33.

RIFA’I, Ahmad. (2021)Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1.1: 60-74.

Siagian, J. K., Wilyam, L., Pratiwi, L., Hilmi, H. A., & Nasution, S. (2024). Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Yayasan Perguruan Istiqomah Islamic Fullday School. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(3), 58-67.

Sofyan, A. (2024). Metode Penelitian Kombinasi. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), 34.

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Wastono, A. T. (2017). Aspek Interkultural dalam Pengajaran Bahasa Arab. Sebagai Bahasa Asing di Indonesia. In Seminar Nasional Pengajaran Bahasa (pp. 1-14).

Wawancara dengan Ifa Dalilah, tanggal 17 Oktober 2024 di Lembaga Bahasa Arab Nurul Qarnain.

Wawancara dengan Iklimatul Khoiroh, tanggal 13 Oktober 2024 di Lembaga Bahasa Arab Nurul Qarnain.

Wawancara dengan Nurin Ma’rifah, tanggal 14 Oktober 2024 di Kantor Bahasa Arab Nurul Qarnain.

Zulhannan, Z., Kesuma, G. C., Mizan, A. N., & Hasanah, U. (2024). PENYUSUNAN BUKU DARS BAHASA ARAB INTERAKTIF DI PONPES ALMUJTAMA AL ISLAMI LAMPUNG SELATAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabd

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Sofiatus Sobriyah. (2024). Pendekatan Interkultural terhadap Pembelajaran Bahasa Arab dalam Memahami Budaya Arab. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dan Biologi, 1(4), 96–102. https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v1i4.57

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.