Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Rina Umaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Sarlin Universitas Negeri Gorontalo
  • Samsi Pomalingo Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v2i2.350

Keywords:

Role Playing, IPAS, Learning Methods

Abstract

This research aims to improve the learning outcomes of fifth grade elementary school students in Natural and Social Sciences (IPAS) subjects through the application of the Role Playing method.  The Role Playing method was chosen because it is considered effective in improving students' conceptual understanding and critical thinking skills, as well as motivating students to actively participate in the learning process. This research uses an experimental method with a quasi-experimental pretest-posttest control group design. The research sample consisted of two fifth classes in an elementary school, namely an experimental class taught using the Role Playing method and a control class taught using conventional methods. Data was collected through student learning outcomes tests before and after treatment. Data were analyzed using the t-test to compare the differences in average learning outcomes between the experimental class and the control class. The research results showed that there was a significant difference between the learning outcomes of experimental class and control class students after the Role Playing method was applied.  The average learning outcomes of experimental class students increased significantly compared to the control class.  In conclusion, the Role Playing method is effective in improving the learning outcomes of fifth grade elementary school students in science and science subjects.  This research recommends that teachers can apply the Role Playing method in science learning to increase students' understanding and interest in learning.

References

Anggraeni, L., Martin, F. P., & Isnaeni, W. (2015). Efektivitas metode role playing berbantuan medispro untuk meningkatkan hasil belajar sistem reproduksi manusia. Journal of Biology Education, 4(3).

Anshori, S. (2016). Pemahaman konsep jual beli dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar melalui metode role playing. Jurnal Ilmiah PGSD, 9(1), 58–69.

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode role playing berbantu media audio visual pendidikan dalam meningkatkan belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41–46.

Bahtiar, R. S., & Fahmi, I. N. (2019). Role playing dalam peningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.

Bahtiar, R. S., & Suryarini, D. Y. (2019). Metode role playing dalam peningkatkan keterampilan bercerita pengalaman jual beli pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 71–78.

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangbiakan makhluk hidup. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74.

Hutami, T. S., & Hastuti, H. (2019). Keefektifan metode CIRC, role playing, dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 1–12.

Iskandar, R. (2017). Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui metode role playing di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Izzuddin, A. (2017). Meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn dengan metode role playing di SDN IV Gunung Rajak. FONDATIA, 1(2), 1–21.

Julia, L. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif talking stick untuk meningkatkan minat belajar muatan IPS siswa kelas V Sekolah Dasar 131/IV Kota Jambi. [Artikel duplikat, ditampilkan satu kali]

Mardiana, M., Ganda, N., & Karlimah, K. (2021). Pengaruh metode role playing dalam pembelajaran IPS tentang kegiatan jual beli untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah.

Mardiyan, R. (2012). Peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar Pendidikan, 10(2), 151–162.

Maryanto, L., Setyowani, N., & Mugiarso, H. (2013). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3).

Maulidiyah, Y., Mubarok, K., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar subtema pekerjaan di sekitarku siswa kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Purnama, B. E., & Sari, P. I. (n.d.). Game edukasi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan.

Rusdiana, R. (2018). Implementasi strategi bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 MIN 9 Banjar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 125–140.

Saputra, W. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan metode role play terhadap pengetahuan dan tindakan pertolongan pertama luka pada anak usia sekolah dasar di daerah rawan bencana (Tesis doktoral, Universitas Airlangga).

Sari, F. F. K. (2018). Peningkatan hasil belajar siswa SD pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran role playing. Satya Widya, 34(1), 62–76.

Sidiq, R. (2016). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV B SDN 2 Raman Aji Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2015/2016 (Tesis doktoral, STAIN Jurai Siwo).

Sulfemi, W. B., & Inah, I. (2019). Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik Sekolah Dasar Negeri Limo 2 Depok kelas VI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan tema rangkaian listrik sederhana seri dan paralel (Skripsi).

Tarigan, A. (2017). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary, 5(3), 102–112.

Wahyuni, I., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan model PBL berbantuan role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363.

Yuliana, A. (2012). Implementasi metode role play dalam peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar pada mata pelajaran IPA tentang posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari di SD Negeri Bringin 01 Kec. Bringin Kab. Semarang tahun pelajaran 2011/2012 (Tesis doktoral, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Rina Umaya, Muhammad Sarlin, & Samsi Pomalingo. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dan Biologi, 2(2), 143–154. https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v2i2.350