Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Pandangan tentang Kehidupan Guru terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS 2020 dalam Menjadi Guru
Keywords:
School Environment, Teachers' Living Conditions, Interest in Becoming a TeacherAbstract
This research aims to investigate the influence of knowledge about the school environment and views on teachers' living conditions on the interest of 2020 FKIP UNS Office Administration Education Study Program students in choosing the teaching profession. This study was conducted using a survey method on a sample of students from the class of 2020 who were currently studying in the program. Data was collected through a questionnaire which included questions about their knowledge of the school environment and their perceptions of teachers' living conditions. Data analysis was carried out using regression techniques to determine the relationship between these variables and students' interest in becoming teachers. It is hoped that the results of this research will provide a deeper understanding of the factors that influence the interest of 2020 FKIP UNS Office Administration Education students in choosing the teaching profession. The implications of this research can help formulate education policies that are more targeted in attracting and retaining quality teacher candidates.
References
Aini, N. (2018). Pengaruh kualitas pengajaran guru dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2).
Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh persepsi, efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Pustaka Pelajar.
Arsitta, D. (2018). Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru dan prestasi belajar terhadap minat menjadai guru ekonomi pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP UNS. Skripsi.
Beniwal, R. (2020). Role of soft skills in teacher education. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 8(5), 2076–2082. https://doi.org/www.ijcrt.org
Hidayat, Y. (n.d.). Pengaruh pembelajaran mikro (microteaching) dan program pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru. 2017(1222040035).
Maharbid, D. A. (2021). Analisis soft skill mahasiswa calon guru sekolah dasar pada program pengenalan lapangan persekolahan. Elementary Journal, 4(2).
Malitna, A. (2022). Pengaruh efikasi diri dan persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru (survei pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi tahun angkatan 2017. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7536
Masrotin, M., & Wahjudi, E. (2021). Peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 178–189. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p178-189
Maulini, U. (2021). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan bimbingan guru pamong terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2017 Universitas Jambi. 3(2), 6.
Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Aministrare, 5(1), 1–6. https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/6490
Putri, D. A., Harini, & Nugroho, J. A. (2018). Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru dan prestasi belajar terhadp minat menjadi guru ekonomi program studi pendidikan ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 33(1), 8–18.
Rahmadani. (n.d.). Pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan minat menjadi guru terhadap indeks prestasi mahasiswa semester enam Prodi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Unimed Ta.
Rahmadiyani, S., Sri Hariani, L., & Yudiono, U. (2020). Minat menjadi guru: presepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 10–23. https://ejournal.unikama.ac.id
Sari, N., Martono, T., & Wahyuni, S. (2017). Pengaruh pembelajaran micro teaching dan program pengalaman lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa. Jurnal Universitas Negeri Surakarta, 3(2), 1–14.
Su’ud, A. (1990). Ingatan dan bahasa. IKIP Semarang Press.
Suseno, M. (2020). Mengukur minat profesi guru: instrumen dan teknik validasi. UNJ Press.
FKIP UNS. (2023). Panduan asistensi mengajar.
Wahyu, P. R. (2019). Pengaruh efikasi diri dan pengalaman kajian dan praktik lapangan (KPL) terhadap minat menjadi guru (studi pada mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/82981/0
Wahyunni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh presepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.
Widya, A. (2022). Pengaruh persepsi mahasiswa FKIP UNS tentang profesi guru dan pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dengan minat menjadi guru.